Sapi Bali sebagai Plasma Nutfah Indonesia dan Peranannya Bagi Petani

Posted on Juli 22, 2008. Filed under: Kita perlu tahu, Peternakan, Sekitar kita | Tag: |

Sapi Bali merupakan sapi potong asli Indonesia yang merupakan hasil domestikasi dari banteng (Bibos banteng) adalah jenis sapi yang unik, hingga saat ini masih hidup liar di Taman Nasional Bali Barat, Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Ujung Kulon. Sapi asli Indonesia ini sudah lama didomestikasi suku bangsa Bali di pulau Bali dan sekarang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

gambar sapi bali

gambar sapi bali

Kekhasan Fisik Sapi Bali

Sapi Bali berukuran sedang, dadanya dalam, tidak berpunuk dan kaki-kakinya ramping. Kulitnya berwarna merah bata. Cermin hidung, kuku dan bulu ujung ekornya berwarna hitam. Kaki di bawah persendian karpal dan tarsal berwarna putih. Kulit berwarna putih juga ditemukan pada bagian pantatnya dan pada paha bagian dalam kulit berwarna putih tersebut berbentuk oval (white mirror). Pada punggungnya selalu ditemukan bulu hitam membentuk garis (garis belut) memanjang dari gumba hingga pangkal ekor.

Sapi Bali jantan berwarna lebih gelap bila dibandingkan dengan sapi Bali betina. Warna bulu sapi Bali jantan biasanya berubah dari merah bata menjadi coklat tua atau hitam legam setelah sapi itu mencapai dewasa kelamin. Warna hitam dapat berubah menjadi coklat tua atau merah bata apabila sapi itu dikebiri.

Sapi Bali dalam Kehidupan Petani Bali

Sapi Bali merupakan hewan ternak yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat petani di Bali.

  • Sapi Bali sebagai tenaga kerja pertanian

Sapi Bali sudah dipelihara secara turun menurun oleh masyarakat petani Bali sejak zaman dahulu. Petani memeliharanya untuk membajak sawah dan tegalan, untuk menghasilkan pupuk kandang yang berguna untuk mengembalikan kesuburan tanah pertanian.

  • Sapi Bali sebagai sumber pendapatan

Sapi Bali mempunyai sifat subur, cepat beranak, mudah beradaptasi dengan lingkungannya, dapat hidup di lahan kritis, dan mempunyai daya cerna yang baik terhadap pakan. Keunggulan lain yang sudah dikenal masyarakat adalah persentase karkas yang tinggi, juga mempunyai harga yang stabil dan bahkan setiap tahunnya cenderung meningkat membuat sapi Bali menjadi sumber pendapatan yang diandalkan oleh petani.

  • Sapi Bali sebagai sarana upacara keagamaan

Dalam agama Hindu, sapi dipakai dalam upacara butha yadnya sebagai caru, yaitu hewan korban yang mengandung makna pembersihan. Demikian juga umat Muslim juga membutuhkan sapi untuk hewan Qurban pada hari raya Idhul Adha.

  • Sapi bali sebagai hiburan dan obyek pariwisata

Sapi Bali juga dapat dipakai dalam sebuah atraksi yang unik dan menarik. Atraksi tersebut bahkan mampu menarik minat wisatawan manca negara untuk menonton. Atraksi tersebut adalah megembeng ( di kabupaten Jembrana) dan gerumbungan (di kabupaten Buleleng).

About these ads

Make a Comment

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

17 Tanggapan to “Sapi Bali sebagai Plasma Nutfah Indonesia dan Peranannya Bagi Petani”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

bagaimana dengan sapi Nusa Penida bli?

@ bli devari
maksudnya? saya sendiri belum pernah memperhatikan sapi nusa penida secara khusus, waktu saya sempat nangkil ke pura Dalem Ped saya hanya sekilas lalu saja melihat sapi Nusa Penida. dari yang saya baca di koran, sapi nusa penida juga merupakan salah satu plasma nutfah asli indonesia dengan kwalitas yang tidak kalah dengan sapi bali. hanya saja beberapa pihak mengkhawatirkan terjadinya degradasi genetik dari sapi nusa penida karena manajemen peternakan yang masih sangat sederhana dan terbatasnya pakan. oya baca juga tulisan saya tentang hak paten sapi Bali

Saya ingin belajar lebih lanjut dari karakteristik sapi Bali. Kira-kira bisakah Bli Eka menghubungi saya via email?

sy mhsiswa peternakan ugm 05
sy awam ttg sapi bali sy ingin sekali belajar ttg sapi bali. untuk gmbaran saja kira2 beda scr mendasar sapi bali dgn sapi2 potong yg lain apa dan sy berniat akn PKL dan melakukan penelitian dibptu jembrana awal tahun 09 tp skrg ini sy blum punya judul yg mantap untk sy. sy mhn masukannya, penelitian apa ya yg tepat untuk sy ats perhatianny terima kasih banyak.

bli ..punya buku panduan utk penggemukan atau budidaya sapi bali gak ya…kalo ada mohon informasinya..terima kasih

[...] hal ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh peternak kecil yang mungkin memelihara 1-2 ekor sapi di sela-sela kesibukannya bertani. Kotoran ternak belum mendapat perhatian yang khusus bagi mereka. [...]

bos dimana dapat referensi ni?

ada taxonomynya ga???/ heee

Saya mencari sapi bali betina umur 8 bulan, tolong dibantu segera. Nugroho 081 326 685 465.

berapa harga bibit sapi bali super dan sapi jawa bulu warna putih bersih, umur 6 bln, mohon informasihnya terima kasih : Tusiyono Soemarto 085287616161, 08158398745

saya ingin join masalah sapi bali karna di aceh lgi ngetren sapi bali yg sering di lelang oleh dnas peternakan kbri sya lwat email

Saya bangga jadi orang Indonesia, harus kita
kembangkan dan lestarikan potensi negara kita

Denga hormat.
saya Alan, dari bandung jawabarat. ada teman yang ingin membeli beberapa ekor sapi bali untuk peternakan miliknya di palembang. Mohon informasi lengkap kemana saya harus belimya dan harga2nya

terima kasih

sanksi sebagai pembunuh sapi di Bali apa?

kelestarian sapi bali harus tetap di jaga, banyak hal yg bisa kita pelajari dari sapi bali ini.

jaga terus ternak asli indonesia

halo mas, salam kenal,
mau tanya2 seputar sapi bali, boleh?

emailnya apa mas ?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: