Veterynary’s Map

Posted on Oktober 14, 2007. Filed under: Profesi |

Perlu disadari oleh masyarakat dan para calon dokter hewan ataupun bagi mereka yang berniat untuk melanjutkan study di Fakultas Kedokteran Hewan, bahwa profesi dokter hewan dapat dijabarkan ke dalam 5 kelompok besar. Jika diibaratkan ini merupakan “peta” yang akan menunjukkan arah kemana ilmu yang telah diperoleh selama bangku kuliah akan diterapkan setelah memperoleh gelar dokter hewan. Kelima kelompok tersebut adalah:

  1. Dokter hewan yang bergerak dalam bidang Pet Animal (hewan kesayangan). Mereka yang nantinya akan menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan hewan kesayangan (anjing dan kucing pada umumnya dan juga hewan kesayangan lainnya)
  2. Dokter hewan yang bergerak dalam bidang Animal Husbandary (hewan ternak), yang nantinya menangani segala seluk beluk kesehatan hewan ternak, baik sapi, babi, unggas dan hewan ternak lainnya. Juga meberikan konsultasi mengenai manajemen kesehatan hean ternak.
  3. Yang ketiga adalah yang bergerak dalam bidang Wild Animal (satwa liar).Bagi mereka yang ingin mengabdikan diri pada penyelamatan dan perlindungan satwa liar. Satwa liar sebagai salah satu plasma nutfah yang dimiliki oleh Indonesia kini sedang berada di ambang kepunahan. Perlu kerja sama dari semua pihak untuk turut serta ambil bagian dalam upaya pelestariannya.
  4. Aquatic Animal (hewan air). Masih ingat kejadian belum lama ini ketika China menolak impor ikan dari Indonesia karena tidak ada surat keterangan yang menyatakan bahwa ikan-ikan tersebut sehat dan layak ekspor? Ini artinya kesempatan bagi dokter hewan di bidang aquatic animal masih terbuka lebar. Belum lagi dalam bidang sea turtle dan marine mammals.
  5. Laboratory Animal (hewan lab). Dalam dunia kesehatan, baik kesehatan manusia maupun kesehatan hewan keberadaan hewan lab atau hewan percobaan memegang pranan yang sangat penting. Dan tentunya yang mengetahui tentang fisiologis dan patologis seekor hewan adalah dokter hewan.

Dokter hewan yang bergerak dalam dua kelompok terakhir yaitu aquatic dan laboratory animal masih sangat langka. Dan ini merupakan kesempatan bagi para calon dokter hewan maupun mereka yang ingin melanjutkan study di Fakultas Kedokteran Hewan untuk mengisi celah yang masih terbuka lebar karena masih sedikitnya peminat di bidang tersebut.

Bagaimana, masih ada menganggap dokter hewan hanya bertugas untuk menyuntik pantat-pantat hewan? 

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

6 Tanggapan to “Veterynary’s Map”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

Banyak yang belum sadar peran dokter hewan. Lha wong yg drh diajak aksi ke masyarakat aja masih banyak yang enggan atau dah keenakan mapan. Yaaa kita yg calon2 drh hendaknya sosialisasi ke masyarakat, eeettt tapi jangan kebablasan ntar dijewer ma yg dah drh. Bingung deh

Siiippp…..nah, ini yang dapat kita jadikan cambuk untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai peran dokter hewan dan FKH di masyarakat…
Ayo kita-kita yang calon dokter hewan satukan barisan untuk memajukan bidang keilmuan kita (Lakukan semua yang dapat kita lakukan untuk dapat memberikan sumbangan pada masyarakat) agar profesi dokter hewan tidak terus dipandang sebelah mata..

Emang benar si, salah satu penyebab kurangnya minat masyarakat (anak SMA) untuk melanjutkan study di kedokteran hewan adalah ketidak pahamannya tentang bagaimana sebenarnya profesi dokter hewan itu. untuk itu sosialisasi ke masyarakat harus ditingkatkan hehehe…sering-sering promosi juga perlu d.

Mari kita kiatkan promosi, ga cuma secara formal tetapi secara infomal juga bisa. yang penting kita bisa membuat masyarakat paham profesi dokter hewan itu bagaimana….
Rekan-rekan sesama mahasiswa FKH ada masukan ga??????

smangat brow. vetroooooooo

dokter hewan masih di anggap profesi yg ENGGA menjanjikan dibandingkan DR.MANUSIA.
makanya jrg2 ada yg mau masuk ke KH..

Hanya org2 yang berani dan sayang binatang yg mau masuk ke KH.

forza vet!


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: