Kecil, Munggil, Centil tapi Garang

Posted on November 21, 2007. Filed under: Pet |

anjing pom2anjing pomAnjing pomerian atau yang lebih dikenal dengan sebutan anjing “pom” atau German Spitz adalah anjing yang memiliki wajah yang imut, lucu, bak boneka. Asal muasal anjing ini adalah dari Jerman dan Inggris. Memiliki postur tubuh dengan tinggi 20-40 cm, dengan berat badan 3-3,5 kg. Bentuk leher menyatu dengan pundak, kakinya pendek berbulu dengan warna bulu tubuhnya beragam, tetapi hanya satu warna yaitu, putih, coklat, hitam dan ada juga yang abu-abu seperti serigala kutub. Umurnya bisa mencapai 25 th.

Bulu di depan dada anjing pom seperti untaian kalung yang melingkari leher dan bulu ekor yang mengembang seperti mahkota dengan bulu halus, lembut, panjang dan tebal. Bentuk kepalanya sedang, lebar dan tengkorak kepala agak datar, moncong separuh dari panjang kepala dan hidung agak menyempit. Bentuk telinganya kecil, tegak dan berbentuk segitiga. Bentuk mulutnya datar seperti gunting.

Anjing pom merupakan anjing yang cerdas, pintar, penurut dan memiliki tubuh munggil nan elok, centil tapi garang sehingga dapat diandalkan sebagai anjing penjaga.

Tatapan matanya yang tajam, namun memiliki temperamen yang riang, gembira, agresif, namun jarang marah dan mudah diatur. Anjing pom memiliki rasa setia yang tinggi pada pemiliknya, sehingga dapat membedakan mana kerabat pemilik serta orang asing yang tidak dikenal.

Si munggil ini memang pantas dijadikan hewan kesayangan bagi Anda yang memiliki hobi memelihara anjing. Sifat dan kelebihannya sebagaimana yang diuraikan di atas, membuat anjing ini memiliki nilai di atas 1 juta rupiah per ekor.

Agar anjing pomerian tetap sehat, hal yang perlu diperhatikan adalah sanitasi lingkungan kandang. Kandang harus dibersihkan dengan desinfektan. Hal ini dilakukan agar anjing terhindar dari penyakit kutu, kudis dan bulu yang mudah kotor terutama pada bagian dada.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

10 Tanggapan to “Kecil, Munggil, Centil tapi Garang”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

Sayangnya ada kucing wira-wiri di blog ini, ia tidak menggonggong hehehee … ngacirrrr

thx u infonya

kalo inpo tentang anjing kintamani ada bli???

@ balibuddy
masih sedang dalam proses pengumpulan data ne bli….
ditunggu aja postingannya….

Wah, membaca ini jadi kangen sama Blondie… Pom ku yang ilang sekitar 2 bulan lalu. Sedih banget deh, padahal dia baru sembuh dari sakit. Lagi lincah2nya malah diambil orang. Hix…

duh…aku pengen deh pom ku bulunya bisa setebal dan mengembang seperti yang ada di foto..gimana caranya yha biar bulunya bisa mengembang..?

wah thk u nih infonya, bagus2, aku juga seneng
banget ama anjing pom, btw kalo anjing pom
lebih cocok ruangan yang hangat atau dingin ya?
thk u yah..

wah…

thx ya atas info nya…
bguna bgt nie tuk bhn laporanQ..

aq nag Kedkt.Hewan juga lo..
di UGM Jogja…

lam kenal…

anjing pom saya kq makannya dikit ya ?
apa emg anjg pom gak kuat makan banyak ??

anjing ini lucu banget >.<

btw salam kenal ^^


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: