Kebiasan Makan Ikan

Posted on November 27, 2007. Filed under: Aquatic |

 fish

Seperti manusia, ternyata ikan juga punya kebiasaan. Ternyata, setiap ikan punya kebiasaan makan yang berbeda-beda (dikenal dengan istilah food habits). Berdasarkan hal tersebut di atas, jenis-jenis ikan dapat dibedakan menjadi :

1. Berdasarkan tempat atau lokasi makan :

  • pemakan di dasar perairan
  • pemakan di lapisan tengah
  • pemakan di permukaan
  • pemakan penempel

2. Berdasarkan waktu makan :

  • siang hari, seperti ikan nila, ikan mas, ikan kerapu, ikan bandeng, dll
  • malam hari (noktural), seperti lele, udang air tawar, udang air laut

3. Berdasarkan jenis makanan :

  • pemakan daging (karnivora), seperti ikan lele, gabus, kakap
  • pemakan tumbuhan (herbivora), seperti ikan gurami, tawes
  • pemakan hewan dan tumbuhan (omnivora), seperti ikan mas, nila
  • pemakan plankton, seperti ikan sepat
  • pemakan sampah (dendritus), seperti ikan belanak

Jenis makanan ikan selain dapat diamati pada saat ikan makan juga dapat dilihat dari panjang ususnya. Ikan dengan panjang usus 3-7x panjang badannya merupakan herbivora. Ikan dengan panjang usus sama dengan panjang badannya adalah karnivora.

Pakan ikan terdiri dari 2 macam, yaitu pakan alami dan pakan buatan.  Pakan alami diperoleh dari alam atau diberikan sebagai tambahan setelah sengaja dibudidayakan. Pakan alami lebih sesuai diberikan pada ikan muda (benih), sedangkan pakan buatan lebih sesuai untuk ikan dewasa.

Selain kedua jenis pakan tersebut, ada juga yang disebut sebagai pakan alternatif. Pakan ini berasal dari limbah peternakan, pemindangan, ikan runcah, bahkan hama tanaman. Pakan alternatif tidak dapat diberikan langsung begitu saja. Ayam mati/bangkai harus dibuang bulunya dan direbus sebelum diberikan pada lele (lokal atau dumbo) Karena lele tidak suka bulu ayam. Lele aja ga suka makan bulu ayam apalagi manusia.  Ikan runcah,bekicot dan keong mas yang merupakan hama padi dapat dipakai untuk pakan lele dengan memisahkan tulang dan dagingnya (ikan juga ga suka tulang /cangkang). Limbah pemindangan yang berupa kepala, ekor, sirip maupun isi perut dapat diberikan langsung ataupun dicampur dengan dedak halus dan direbus setengah matang.

Ikan runcah merupakan hasil tangkapan dari laut yang tidak layak dikonsumsi manusia. Ika runcah ukuran kecil dan sedikit duri/tulang dapat diberikan langsung. Bila ikan runcah banyak duri/tulang sebaiknya direbus setengah matang agar mudah memisahkan daging dan tulang.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

23 Tanggapan to “Kebiasan Makan Ikan”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

Lengkap banget. jangan2 kamu itu juragan ikan ya?😆
Link kamu dah aku daftarin ke titip link2 ku. Thanks atas kerjasamanya.😀

“Makasi ya udah diijinkan nitip. Aku bukan juragan ikan cuma seneng makan ikan he….”

Terimakasih… Ada kucing lewat diberitahu seperti rasanya seperti mendapatkan durian runtuh.
Meeooonx

cayak yangk semangat ya…….nt waktu kita ketemu cayank harus sukses ya..
tunggn ai kalo cayank kuat.ai dsn pasti tungguin cayank.
oya blogya bagus lo….nt buat yang aneh2 gt he……..ilu honey muach.

“cayank makasi ya…cayank juga harus semangat disana
take care…ILU”

wah disini ada komentar chayang chayangan ya😀 . kapan ya di blog saya ada komentar cayank cayank an gini😀 pengen… =P~

maklum bos,lagi long distance he..he..

ehem…ohok..ohok…jadi gak bisa komentar d..bingung alnya mau ngomentarin ikana ato yang punya ikana hehehehe….

baru tahu kalo kebiasaan makan ikan berbeda nice info

@ alhakim
iya nie ikan aja punya kebiasaan makan yang berbeda-beda.
apalagi manusia ya….

bandar ikan ya bli? heuhauh….salam kenal

@ viar
bukan bandar kok bli….

Baca judulnya, bisa ambigu artinya..
kebiasaan makan ikan
1. kebiasaan makan yang dilakukan ikan
2. kebiasaan makan ikan (bagi manusia)
heeheheh kirain tadi pengertian yang kedua hehehhee

@ arul
emang sengaja bos….

Thank y. Tulisan anda bs untuk tambahan literatur skripsi saya.

@ ade
semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda dan semoga skripsinya lancar.
klo udah lulus inget kasi kabar n jangan lupa traktirannya juga hehehe😀

wuih anak perikanan juga neh. salam kenal ja gw annas kebetulan gw kul di ipb jur msp.

@ annas240
wah saya anak ayah dan ibu kok…:D
klo di FKH Unud ga ada jurusan kayak di IPB

wah….. di sni kayaknya rame juga….. boleh gabunk g………………/

lumayan bagus tulisan tentang kebiasaan makan ikannya. Bisa ga saya mendapat info yang lebih banyak tentang ikan belanak? terutama yang dia makan, waktu dan tempatnya. Apa bisa dikatakan juga ikan belanak itu bisa makan plankton? terima kasih sebelumnya

salam kenal,

naaf Mas mau tanya;
metode penelitian pakan alami ikan (dewasa) yg paling representatif, gmn Mas?

Thanks

punya bahan gak tentang rekayasa pakan buatan dari keong emas untuk pembesaran ikan gurame? law ada minta donk??/

Thx yaaa….beguna banget wat nambahin sumber ttg makul bilogi perikanan

eh gimana di bahas lengkap gimana caranya membuat gemuk ikan ? bagus tuh artikel loe… thanks

tolong bagi yang tahu bahan dan cara pembuatan umpan ikan belanak yang terpercaya kasih tahu ke saya,,, melewati alamat e-mail saya…terimakasih sebelumnya, tolong bantuannya…

SAYA aja SUSAh apalagi mau BANTUIN kmu


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: