Telur Telur Aneh

Posted on Januari 27, 2008. Filed under: Kita perlu tahu, Sekitar kita |

saluran reproduksi unggas

sumber gambar

http://www.harunyahya.com/indo/buku/rancangan02.htm

Bagi Anda-Anda yang senang masak tentu sesekali pernah mendapat telur-telur yang lain dari telur biasanya. Bagi Anda yang belum pernah, inilah saatnya Anda untuk sekedar meluangkan waktu memperhatikan siapa tahu Anda menemukan telur-telur aneh berikut ini.

  • Telur dengan kuning telur ganda

Telur dengan kuning telur ganda adalah hasil dari dua ovum yang matang pada saat yang sama. Hal ini bisa terjadi pada uvulasi ganda maupun dalam waktu singkat kedua ovum berjalan bersama-sama di dalam oviduct. Keduanya memperoleh kerabang dan albumin yang sama. Telur dengan kuning telur ganda lebih sering terjadi pada ayam muda, oleh karena ovarium dan oviduct perlu penyesuaian sebelum bekerja normal.

  • Telur dengan titik-titik darah.

Titik-titik darah dapat terjadi karena kerusakan membran folikel pada tempat lain, bukan pada garis stigma. Bila ini terjadi, suatu pembuluh darah bisa pecah dan kuning telus akan mengambil darah pada saat ovulasi atau jika pembuluh darah menyilang garis stima, maka kuning telur juga akan mengambil darah pada saat ovulasi. Hal ini akan menyebabkan ayam akan mengeluarkan telur dengan titik-titik darah. Jika titik-titik darah terdapat pada putih telur, maka kemungkinan adanya perdarahan di dalam dinding uviduct.

  • Telur dengan titik-titik daging.

Titik-titik daging kadang disebut titik-titik darah yang berdegenerasi. Titik daging merupakan titik darah yang mengandung sedikit hemoglobin yang diserap kembali oleh tubuh. Biasanya titik daging merupakan hasil dari perdarahan yang terjadi di dalam ovarium maupun di dalam oviduct sebelum ovulasi yang kemudian ikut terlapisi oleh albumin. Titik daging dapat juga disebabkan oleh potongan jaringan yang masuk di dalam infundibulum pada saat folikel pecah.

  • Telur dengan kerabang yang lembek.

Telur dengan kerabang yang lembek adalah hasil dari kegagalan kelenjar-kelenjar kerabang untuk mengeluarkan sekresinya atau hasil dari suatu aksi peristaltik yang sangat kuat dari oviduct. Bisa juga dihasilkan oleh ayam dengan perbanding phosfor dan kalsium yang tidak seimbang dalam ransumnya. Serta akibat bronchitis dan penyakit Newcastle Dease (ND).

  • Telur tanpa kuning telur.

Telur-telur kecil tanpa kuning telur biasanya adalah hasil dari beberapa bahan asing yang masuk ke dalam oviduct. Bahan ini dapat berupa seekor cacing, sepotong albumin atau titik darah yang cukup besar untuk merangsang kelenjar-kelenjar oviduct, memperoleh albumin tebal dan tipis, membran kerabang dan akhirnya keluar sebagai telur yang terlihat mirip telur normal.

  • Telur di dalam telur.

Sebutir telur dapat berjalan dalam oviduct dan dibentuk sebagaimanamestinya. Suatu gerakan peristaltik dapat terjadi, yang memaksa telur masuk kembali ke dalam infundibulum, kemudian bisa kontak dengan kuning telur lain dalam perjalanannya ke bawah. Keduanya secara bersama-sama akan mengalami proses pembentukan kerabang yang hasilnya adalah telur di dalam telur.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Telur Telur Aneh”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

wah…
kalo aq seech udh bnyak nmuin tlur yg aneh2 sperti tlur dnosaurua, tlur nessi and soon..


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: