Animal Welfare

Posted on Februari 2, 2008. Filed under: Animal welfare, Kita perlu tahu |

Animal welfare? Apaan tu? Kesejahteraan hewan?? Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar tentang istilah Animal Welfare mungkin akan berpikir “Ngapain juga mikirin kesejahteraan hewan,sedangkan manusia sendiri belum sejahtera.”

Animal welfare adalah suatu usaha yang timbul dari kepedulian kita sebagai manusia untuk memberikan lingkungan yang sesuai untuk hewan. Sehingga dapat meningkatkan kwalitas hidup dari hewan tersebut, khususnya bagi hewan yang terikat dan terkurung. Dalam Animal Welfare disebutkan ada lima kebebasan yang harus dimiliki oleh setiap hewan untuk dapat hidup dan berproduksi dengan baik. Kelima kebebasan tersebut adalah:

  • Bebas dari rasa lapar dan haus.

Yang dimaksud disini adalah tersedianya makanan (pakan) dan air minum dalam jumlah yang cukup, higienis dan memenuhi kandungan gizi yang sesuai dengan keperluan masing-masing hewan. Pemberian pakan harus tepat dan proporsional sehingga pertumbuhan hewan dapat maksimal dan dapat berproduksi sebagaimana mestinya.

  • Bebas dari rasa panas dan tidak nyaman

Adanya tempat berteduh, tempat untuk beristirahat dan fasilitas yang sesuai dengan perilaku hewan.

  • Bebas dari luka, sakit dan penyakit

Bagaimanapun juga hewan adalah makhluk hidup yang bisa merasakan sakit. Pengobatan dan pencegahan penyakit, diagnosa yang cepat dan tepat dari dokter hewan serta lingkungan yang higienis sehingga kuman yang patogen (berbahaya) dapat dicegah dan dikontrol.

  • Bebas mengekspresikan perilaku normal dan alaminya

Tersedianya tempat tinggal yang sesuai dan memadai dengan fasilitas kandang yang sesuai dengan perilaku (behavior) hewan dan adanya teman untuk berinteraksi sosial.

  • Bebas dari rasa takut dan penderitaan

Tidak ada konflik (pertengkaran) antar tau lain spesies, tidak adanya gangguan dari hewan pemangsa (predator) yang dapat membuat hewan stress sehingga dapat menggangu psikis dan fisiologis dari hewan tersebut sehingga tidak dapat tumbuh dan berproduksi secara maksimal.

Semua hewan (peternakan, hewan kerja, kesayangan, percobaan, untuk pertunjukan, bahkan yang masih liar sekalipun) menginginkan adanya kondisi lingkungan yang alamiah, aman dan nyaman. Perlakuan yang menyiksa dan menyakiti hewan dapat membuat hewan stress dan tidak sejahtera. Hewan yang stress bila dibiarkan terus berlanjut dapat berakibat buruk pada gangguan reproduksi, metabolisme, fungsi imun, tingkah laku dan pertumbuhan serta perkembangan hewan tersebut. Dari sudut pandang dokter hewan, stress merupakan bahaya potensial yang berdampak pada semua aspek kesehatan hewan.

Dengan menerapkan animal welfare juga dapat meningkatkan gengsi kita. Misalnya jika kita memiliki peliharaan yang sehat dan terawat tentu akan memberi nilai tambah sendiri bagi kita maupun peliharaan kita. Juga dari segi ekonomi, dengan menerapkan animal welfare pada peternakan tentu akan dapat menghasilkan hewan ternak yang dapat berproduksi dengan maksimal. Tentunya keuntungan yang diperoleh juga akan semakin maksimal.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah Sumber Daya Manusia (SDM) kita sudah siap untuk menerapkan Animal Werlfare?


Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

9 Tanggapan to “Animal Welfare”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

Pertama nih, lam kenal pak dokter. Btw postingannya menarik semua nih

@ wandira
ralat dikit bos, saya belum jadi dokter nie…
nilai-nilai pada jeblok semua gara-gara kena online sindrome hehehe….

emang sih banyak banget orang yang senang punya hewan peliharaan, tapi klu udah masalah ngerawat banyak yang ‘neglecting’ jadinya banyak hewan yang sengsara alisa kurang perhatian, kali aja perlu ada juga lagu ‘jablay’ khusus hewan ya bro

@ balidreamhome
klo bli mo ciptain boleh juga tu.
nanti klo lagunya udah jadi kasi tau ya…hehe…:D

So,how about GMO, is it animal welfare consideration?

@ adeLin
GMO???? apaan ya:?:

[…] 2008. Pada dasarnya sama, untuk memenuhi standar kesejahteraan seekor hewan harus memenuhi prinsip lima kebebasan satwa. Apa saja yang harus kita cermati? Mari kita intip satu […]

kalo gk siap,, kpn mulai nya??
jadikan suatu pilihan..
buat pahala
harapannya.. smoga brkurang
doa teraniaya dr hewan🙂
no Ai, swine flu, equine..

[…] beberapa orang. Selain itu pula, beberapa hal yang seringkali dianggap oleh orang banyak seperti animal welfare atau kesejahteraan hewan. Peternakan memang mengolah hasil ternak namun didalamnya terdapat […]


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: