Darah Domba Dapat Menangkal Bisa Ular

Posted on Februari 10, 2008. Filed under: Kita perlu tahu |

Siapa sangka kalau darah domba bisa membunuh racun yang terdapat dalam bisa ular? Hal itulah yang baru-baru ini ditemukan peneliti dari Australia, tepatnya di peternakan Mintaro yang berada di Lembah Clare. Domba-domba yang dikembangbiakkan di peternakan ini, sekarang telah menjadi harapan baru untuk menyelamatkan nyawa manusia dari keracunan bisa ular.

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa antibodi atau zat tertentu di dalam darah domba di daerah ini dapat membunuh bibit penyakit dan racun yang berasal dari bisa ular. Australia sendiri adalah lokasi yang ideal untuk mengembangkan sistem tersebut. Pasalnya, di Negeri Kanguru ini tidak tercatat bahaya penyakit scrapie yang menyerang kambing dan domba atau penyakit sapi gila dan sejenisnya.

Untuk menjaga kesehatan domba-domba berbobot sekitar 90 kilogram itu, setiap empat pekan sekali dilakukan imunisasi dengan mesin khusus. Domba-domba muda berusia 10 sampai 12 bulan tersebut, juga disuntik vaksin dari bisa ular yang dicampur dengan semacam antigen, agar domba menjadi kebal.
Kemudian, setiap empat pekan sekali pula, sekitar 800 gram darah setiap ekor domba diserap dan dikemas dalam kantong-kantong darah. Darah domba dari bagian selatan Australia itu lantas dibawa ke laboratorium untuk dipisahkan serumnya untuk kemudian dibekukan.

Setiap ekor domba dapat menghasilkan rata-rata sekitar lima kilogram serum per tahun. Serum dari darah domba itulah yang kemudian menjadi alternatif pengganti serum serupa dari darah kuda, yang belakangan diketahui memiliki banyak dampak negatif.

(Artikel ini saya peroleh dari milis dokterhewan@yahoogroups.com)

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

18 Tanggapan to “Darah Domba Dapat Menangkal Bisa Ular”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

Di Indonesia sudah dikembangkan belum serum ini? Kalau sudah, dimana bisa membelinya?
BUat jaga-jaga, terutama karena saya phobia terhadap ular.
Ada artikel khusus buat menghilangkan snake phobia yang saya idap?

Sampai jumpa ntar sore di launching BBC heheh ehe
Jangan lupa siapkan kertas kosong buat saya tandatangani

Wahh, kalo gitu jual darah domba per botol yuukz🙂

@ meonx
klo soal itu saya belum dapat infonya.nanti klo udah ada info yang terbaru saya akan buat postingannya lebih lanjut.maaf bli kemarin saya ga bawa kertas kosong cuma bawa perut kosong aja kesana hehehe….
akhirnya ketemu juga dengan meonx di dunia nyata.
@ logicbox
klo di Indonesia udah dikembangan boleh juga tu idenya….

Darah domba buat serum racun ular, wah kemajuan pengetahuan nich. Ternyata memang benar, alam telah menyediakan segalanya,tidak perlu diciptakan dari unsur sintetik. Untuk vaksin virus2 mematikan semacam AI sampai HIV jangan-jangan sudah tersedia dari alam juga ya!

wah bagus ney
tapi jelek na dsni gak ada domba
banyakan adu domba saja
huhuhuhuh
eh darah kambing bole gak yaw

*** Manggut2.. *** ooo gitu ya! Btw, beneran masih mhs? wah, ebath2! Harusnya mahasiswa rajin2 ngeblog! Salut Bro!

ooh ternyata berguna juga ya… saya hanya mengenal adu domba sih😀. bermanfaat infonya bos….

@ artana
ya itu mungkin saja bli. mungkin Tuhan memang sudah menciptakan penangkal dari virus-virus tersebut, tinggal kita sebagai manusia yang berupaya untuk menemukannya di alam.
@ arya
ayo siapa yang mau diadu domba?
@imsuryawan
beneran kok saya masih mahasiswa, apa perlu saya tunjukin kartu mahasiswa saya? karena kebanyakan online and nongkrongin blog para pakar lendir nilai-nilai saya semester lalu jadi jeblok semua hehehe…:D
@ baladika
dasar tukang adu domba…..:P

makasih udah mampir ya, ….oh ya deket rumahmu ama gusna, kan sama sama di bali, he he kayak bali cuma se RT aja ya,by the way thank’s udah mampir ya.

klo serigala berbulu domba ga kebal ya..???:mrgreen:

@ agung
hahaha….:D mas,saya and gusna emang satu orang kok.nama panggilan saya eka ds and klo di rumah biasa dipanggil eka gusna.
@ baliazura
mmmmm….serigala berbulu domba ya????? kayaknya ga dech….:D

sorry sorry eka ,…..akj nggak tau he he he …..

penemuan baru lagi nih, hebat-hebat…

@ agung
ga papa mas…nyante aja.:D
@purnama yasa
ini udah lama kokditeliti di Australia kira-kira sejak tahun 2006.

ayo pasang yang laen ndung kakak
perkenalkan nama saya isma…saya rekan sejawat kakak…sy mahsiswa FKH unversitas brawijaya….
bru lhow

di indonesia ada serum anti ular dan utk penyakit2 tertentu coba saja serum anti ular dr Snake Hunter Club Indonesia..saya jg udah pakai..
salam..

saya mau anti bisa kategori B


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

