Jangkrik si Termometer Alam

Posted on Februari 14, 2008. Filed under: Kita perlu tahu, Sekitar kita |

jangkrikBeberapa waktu yang lalu saya sempat membaca bahwa kita dapat mengetahui temperatur dengan memperhatikan derik jangkrik. Bagaimana caranya????

Caranya ternyata sangat gampang, yaitu Anda tinggal menghitung derik jangkrik tersebut.

Semua hewan berdarah dingin menjalankan fungsi tubuhnya lebih cepat pada temperatur yang lebih tinggi. Klo ga percaya silahkan bandingkan seberapa cepat semut berlari pada musim dingin dan musim panas. Tak terkecuali jangkrik. Derik jangkrik dirancang oleh alam untuk langsung menyesuaikan diri dengan temperatur. Untuk memahami “bahasa jangkrik” ini, Anda tinggal memakai rumus untuk menerjemahkannya.

Dalam hal ini faktor kimiawi lebih berperan daripada faktor biologi. Semua makhluk hidup diatur melalui reaksi-reaksi kimia, dan umumnya reaksi kimia berjalan lebih cepat pada suhu yang tinggi. Itu karena setiap bahan kimia tidak dapat bereaksi dengan bahan kimia yang lain kecuali mereka saling kontak. Makin tinggi temperatur, makin cepat gerakan molekul-molekul dan semakin sering mereka bertabrakan dan bereaksi.

Ternyata jangkrik berderik lebih cepat ketika mereka merasakan temperatur lebih hangat. Cara terbaik untuk menguikur temperatus ala jangkrik adalah mendengarkan sejenis jangkrik pohon asal Amerika Utara (klo mau jauh-jauh ke Amerika sana :P). Pada umumnya jangkrik berderik dengan nada dasar kurang lebih sama.

Berikut in cara mengukur temperatur dengan mendengarkan derik seekor jangkrik. Hitung jumlah deriknya selama lima belas menit detik, kemudian tambahkan dengan empat puluh. Selamat Anda telah dapat mengukur temperatur dalam derajat Fahrenheit.

Trus bagaimana caranya untuk mengukur dalam derajat Celcius? Untuk mengetahui temperatur dalam derajat Celcius dengan menghitung derik jangkrik adalah dengan menghitung derik jangkrik selama delapan menit detik, kemudian ditambahkan dengan angka lima.

Tapi ada yang harus Anda ingat, jangkrik hanya melaporkan temperatur tempat ia sedang berderik. Kecuali Anda berada di tempat yang sama dengan si jangkrik, temperatur di sekitar Anda mungkin berbeda dengan temperatur jangkrik.

Selamat menghitung derik jangkrik.

sumber gambar :

http://www.o-fish.com/Arwana/jangkrik2.jpg

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

27 Tanggapan to “Jangkrik si Termometer Alam”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

Jangkrik bos ..
kayak fim DKI ( Dono Kasino Indro ) :p

@ brokethesoul
film lawas to bli….

ok neh santainya……..eh jangkriknya …he he he he……….salut ama ente berdua

@ agung
salut ama siapa bos?
berdua ama siapa????
####mode bingung on####

wah jangkrik juga ada rumusnya, jadi teringat masan ngalih jangkrik untuk di aduπŸ™‚

@devari::pasti dulu suka adu jangkrik yaw
nayoooooooo

he hehe he he he ……makasih ya?…..salam buat gusna

@ devari
boleh tu diceritain ketika masa senang ngadu jangkrik
@ arya
klo bos, suka ngadu jangkrik juga?
@ agung
salam sudah diterima

xixixixixixi … wah cerita yang menarik neπŸ™‚
anak unud ya? wah salam buat anak – anak unudπŸ™‚

Ane funya termometer…:mrgreen:
Kalo nyari jangkrik Amerika Utara, kejauhan kali. jangkrik lokal bisa kagak ya???πŸ™‚

@ winyo
ya bli,salam kenal juga….
@ cabe rawit
makanya ini postingan khusus untuk orang-orang ndeso yang ga punya termometer macam saya ini..:P

Dasar ndeso!!!:mrgreen:
Beli termometer kagak mao, tafi cari jangkrik ke Amerika bisa…πŸ‘Ώ
*dibegituin*

wah ilmu baru nih, betul2 mengamalkan ilmu di FKH.
tapi untuk mengetahui suhu perlu penelitian supaya dapat akurat, belum lagi kalo jangkriknya berpindah tempat.
oia seluas apa cakupan jangkrik sehingga kita bisa mengetahui suhu itu berlaku untuk luasan berapa.

salam kenal yah.

@ cabe rawit
wah siapa juga yang mau jauh-jauh ke Amerika?
di rumah saya juga banyak jangkrik tu….
@ arul
wah emang perlu diteliti lebih lanjut nie bos….:D

udah baca panjang-panjang.. dan hasil akhirnya adalah… *ga ngerti* ^_^

salam kenal ^_^
hihi..

@ waterbomm
sama hehe…:P

wah, ga nyangka ternyata jangkrik bisa jadi termometer alam yah?

lha.. tadi ridu udah komen tapi error yah… btw di jakarta kan jarang ada jangkrik tuh.. gimana donk?? yg banyak itu adalah kecoa, bisa gak kecoa digunain buat ngukur temperatur?

krikk krikk krikkkk….

jadi inget pilem chip nya warkop,tiap bilang jangkrik dapet 5 ribu.

nice info,binggung nyari jangkrik di DPS

wah…mesti nyari jangkrik dulu niy…

HALAH..RIBET BANGET YAH..TAPI NICE BGT ARTIKELNYA BISA TAMBAH ILMU LAGI NEH NTAR DENGER SUARA JANGKRIK BISA ITUNG KAYA SUARA TOKE GA …

@ pink
iya saya juga baru tau setelah baca artikelnya.
@ ridu
yang penting khan udah bisa komen. klo ga ada jangkrik khan yang jual termometer banyak. gitu aja kok repot.
@ baliazura
di pasar burung Satria khan banyak yang jual bos….
@ sef
selamat ber-“hunting” jangkrik ria
@ widi
klo mbok gex mau silahkan aja hitung hehe:P

wah jangkrik ni makanannya si Bejo di rumahπŸ˜€

@ arie
wah sapa tu si bejo????

weh…lumayan nih buat cerita kl lg trekking ma temen2πŸ™‚ hehe, thanks share infonya bli

Wah…Thx banget ya kak bwt informasinya, saya jadi taw eh…
oy, salam buwatb jangkrik percobaan kakak ya. He999

dari einstein aja gak tau ya boss!!!


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: