Iih Banci

Posted on Februari 20, 2008. Filed under: Kita perlu tahu, Sekitar kita |

Seringkali kita mendengar istilah banci atau waria yang merujuk pada jenis kelamin ganda. Seseorang yang berpenampilan wanita padahal ia pria, ataupun sebaliknya berperilaku dan berpenampilan layaknya seorang pria padahal sesungguhnya adalah wanita. Ternyata hal-hal seperti ini tidak hanya terjadi pada manusia tok, hewanpun yang salah satunya adalah kaum unggas, dalam hal ini ayam juga ada yang banci.

“Ah, masa seeh ada ayam yang banci segala? Saya ga pernah liat tu!!!” Memang tidak sembarang orang bisa melihat dan membedakan mana ayam yang banci dan mana yang bukan, apalagi dalam kelompok ayam yang jumlahnya ribuan dengan warna bulu yang sama. Hanya peternak-peternak yang terlatih dengan mata X-Ray seperti Superman yang mampu membedakan mana ayam yang waria atau bukan.

Dalam dunia persilatan “per-ayam-a”n dikenal 2 kelompok ayam banci yaitu :

  1. Ayam sex error, atau ayam banci asli. Ayam ini sudah sejak lahir menetas memiliki organ kelamin ganda, jantan (testis) dan betina (ovarium).  Biasa disebut hermaphrodite oleh para ilmuan. Ayam jenis ini dapat dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut: bila jantan, bulunya halus seperti betina, bertubuh pendek, tidak mempunyai naluri berkelahi, dan sangat senang didekati oleh “jantan muda ganteng”. Bila betina akan berperawakan bak ayam jantan, lebih besar, bulu kasar dan suka ber-“lesbian”. Dan jangan harap ayam model ini akan menghasilkan telur.
  2. Ayam sexing error atau ayam banci palsu. Ayam seperti ini bukanlah”korban salah bunda mengandung”, tetapi akibat ulah atau keteledoran manusia, yaitu petugas sexer (orang yang bertugas membedakan ayam jantan dan betina dengan memijit anus ayam yang berumur satu hari). Sang sexer yang bertugas di hatchery (penetasan), entah karena lelah, mengantuk atau jenuh menyeleksi ratusan anak ayam, salah menempatkan jantan ke box betina ataupun sebaliknya. Ayam ini benar-benar jantan atau betina tulen tetapi berada pada lingkungan lawan jenisnya. Setelah berumur 3-4 minggu akan mudah dibedakan karena yang jantan akan keluar jengger merah dan betina belum tumbuh jengger.

Kedua jenis ayam ini, baik si sex error ataupun si sexing error, sama-sama harus diafkir (culling) dari lingkungannya karena sudah mengacaukan program pemeliharaan (manajemen), dan selanjutnya dipotong dan masuk kuali atau penggorengan😀. Pada saat pemeliharaan parrent stock (ayam induk bibit) atau grand parrent stock (ayam bibit nenek), sebaiknya pengafkiran segera dilakukan saat ditemukan kedua jenis ayam banci tersebut

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

25 Tanggapan to “Iih Banci”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

walah??iki tenanan opo ora sih?? ada penjelasan ilmiahnya nggak??
:d

@ eka
penjelasan ini seeh udah nyerempet-nyerempet ilmiah mba😛

Berarti ayamnya melambai donk….

kalo ayam banci nama malam nya pasti ayamwati:mrgreen:

@ indra 1082
maksudnya melambai-lambai?
@ baladika
klo nama malam bos dika apa?:P

kalo ayam kampus banci apa bencong?😀

@ antonemeus
wah apa ya….?
****mode bingung on****

ooh gitu toh.. tapi gak sampe dandan kan ayam jagonya??

wah, ga nyangka yah? ternyata ayam juga ada yang banci. baru tau deh aku.

Berati kategori ayam yang no 2 itu karena salah pergaulan ya??…
….Lelaki ato perempuan busyet aku tertipu banci…*niru lagunya ratu*

hiks.. jadi berdebat soal perayaman nih..
btw bli eka blajar dimana soal perayaman ini? ngomong2 ada sekolahannya ga? hehe lucu bgt ya

dipotong masuk kuali penggorengan trus kirim aku yah, mu kok…

@ ridu
klo ampe dandan segala “apa kata dunia”
***mode niru iklan on***
@ pink
ga aneh kok dalam dunia per”ayam”an
@ widi
hhmmm mungkin juga ya…?!
@ neng iien
wah klo saya seeh belajar di kampus…klo teteh belajar dimana?
@ balisugar
kirimannya udah nyampe belum? klo belum, mungkin hanyut kebawa hujan deras kaleee😀

ada hub na bencong ma ayam yaw

wedew kirain manusia aja ya
ada banci atau waria, ga tau na hewan jg ada =))

@ arya
???
***bingung****
@ make-pips
iya ya….

wah mantap nih infonya, seumur2 baru tau saya ternyata binatang juga banci🙂

bisa aja, tapi kalo ayam itu banci lucu kali ya😛

Informasi ini akan segera saya masukkan ke dalam Lontar “PENGAYAM-AYAMAN”. Biar para bebotoh tidak salah pilih.
Kalau Eka termasuk ayam yang mana?

@ pututik
iya ya…
@ meonx
saya sih bukan ayam, tapi klo disuruh milih sih saya pasti milih ayam goreng hehehe:D

ada ayam banci ga di gatsu????he

@ cupz
ga tau juga ya….
mungkin cupz bisa cari tau…😀

saya pernah melihat juga ayam jantan yang mengoda ayam jantan
karena dulu waktu kecil saya suka memelihara ayam juga
jadi saya tahu juga hal ini

thk
http://www.satyasembiring.co.cc

Banci2 tobat lu

klo membedakan ayam itu sich hal yang gampang, yang saya tidak tahu bagaimana melihat ayam yang akan menang klo di adu yea biar gampang cari pemenang. . . hehe….he….he!!!!!


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: