Ayampun Ikut Sunatan Massal

Posted on April 1, 2008. Filed under: Kita perlu tahu, Peternakan |

Mengulik dunia per-ayam-an memang mengasikan, apalagi mengulik tentang kehidupan ayam kampus dan ayam abu-abu :mrgreen: ada banyak hal yang sering kali dianggap aneh oleh bagi orang awam. Bila mendengar ayam disunat sudah pasti banyak orang yang akan mengernyitkan kening dan berkomentar, ”Lho kok?” atau ”Ah, masa sih?!?” ataupun ”Emang apanya yang disunat? Yang biasa disunat khan burung?”

Kalau pada manusia, yang disunat adalah ujung alat kelamin pria. Kalau pada ayam apakah sama juga? Ternyata, pada ayam yang disunat adalah ujung paruhnya (disebut dengan debeaking). Pemotongan paruh dilakukan pada ayam bibit, baik grand parent stock ataupun parent stock dan ayam petelur. Tujuannya adalah untuk mencegah ayam mematuk-matuk temannya (perilaku kanibal).

Sifat kanibal muncul bila kondisi tubuh dan lingkungan kurang mendukung si ayam untuk hidup normal. Beberapa hal yang mengakibatkan ayam saling mematuk sampai berdarah-berdarah sehingga jatuh korban antara lain karena kekurangan kalsium (Ca) dan Phosfor (P) dalam ransum, kandang yang terlalu padat, air minum yang kurang serta paruh yang terlalu tajam.

”Sunatan” pada ayam dilakukan pada umr 7-10 hari. Hal ini dilakukan secara serius dan hati-hati karena bila sembarangan bisa merusak produksi ayam selanjutnya. Paruh ayam yang dipotong terlalu pendek akan mengakibatkan kesulitan pada saat ayam mematuk pakan, konsekuensinya pertumbuhan ayam menjadi terhambat. Pada yang jantan akan mengalami kesulitan untuk menggigit bulu kepala si betina pada saat kawin. Akibatnya fertilitas dan hatchability (daya tetas) menurun. Sedangkan pada betina akan menurunkan tingkat keseragaman (uniformity) dan dewasa kelamin terhambat. Oleh karena itu pada saat ”sunatan massal” seorang farm manager atau farm supervisor yang paling bertanggung jawab terhadap masa depan si ayam harus hadir sebagai ”saksi”.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

3 Tanggapan to “Ayampun Ikut Sunatan Massal”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

wah, ada2 aja…….

aku aja belum sunat…….

heehehehe………

ooo….gitu ya.. baru tau aku

kirain sunat kyk manusia…🙂

klo manfaat’X baguszzz,,!!,,
naPa ga’ dI c0ba;)
kaCian j9 kan Liat paRa AYAM2 pD MATUK2;(
ya ga’ ???!
thX y atAz iLmu’X,,


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: