Pantai Kuta, Penyu dan Shooting

Posted on April 25, 2008. Filed under: Curhat, proFauna | Tag:, , |

Ah, udah lama nie saya ga sempat posting. Eh, pas sempat seperti sekarang ini speedy pas lemot-lemotnya malah saking lemotnya mau posting disini ampe ga bisa. Tadi juga sempat buka blogspot ga bisa.Emang blogspot diblokir lagi ya? Ga punya kerjaan banget sih blokir blog yang ga ada unsur mesumnya.  Cape de…

Kali ini saya mau curhat nie… Hari rabu yang lalu (23/04/2008) adalah hari yang melelahkan banget. bagaimana tidak. Pulang dari kampus pas panas panasnya, ampe rumah trus siap-siap mau ke pantai Kuta. Hari itu saya dan teman-teman dari proFauna akan melepaskan tukik yang baru netas ke laut lepas. Setelah nunggu lama di BEM FKH di kampus Sudirman, akhirnya saya bersama 5 teman dari BEM berangkat menuju pantai Kuta.

Walaupun bukan hari libur ternyata pantai Kuta rame banget, jalanan ampe macet… Singkat cerita akhirnya kamipun melepaskan tukik penyu lekang (Lepidochelys olivacea) dengan peran serta dari pengunjung pantai Kuta dan tak ketinggalan para bule pun asyik ikutan berebut untuk melepaskan tukik ke laut. Tuki tidak dilepaskan langsung ke air tapi di letakkan kira-kira 10 meter dari air. Ini tujuannya agar penyu mampu mengingat daerah penetasannya dan dapat kembali lagi apabila sudah saatnya untuk bertelur. Prosesnya disebut dengan imprinting. Nah dengan banyaknya aktifitas manusia di pantai peneluran penyu merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup penyu.

Para peserta tampak sangat antusia mengikuti acara ini. Pada hari tersebut telah dilepaskan 38 ekor tukik. Dan rencananya keesokan harinya akan diadakan lagi pelepasan tukik yang baru menetas hari itu. Sayang sekali saya tidak dapat ikut keesokan harinya karena jadwal praktikum di kampus yang ampe sore :(( . Dan ketika waktu telah meninjukan pk 18.30 Wita, kami pun buru-buru balik ke Denpasar karena hari itu kami ada undangan dari TVRI sebagai peserta dialog interaktif.

Akhirnya pk 22.30 wita kami pun on air. Acara ini tentang sosialisasi akan diadakannya simulasi penanganan kasus flu burung apabila sudah terjadi penularan dari manusia ke manusia (untungnya hal ini belum terjadi). Jadwal dari simulasi yang konon katanya pertama di dunia ini yang melibatkan masyarakat dari kabupaten Jembrana, Tabanan, RSUP Sanglah dan Bandara Ngurah Rai adalah hari ini sampai tanggal 27 April. Acara ini juga diikuti oleh teman-teman dari Fakultas Peternakan dan dari STIKES.

Sedikit saran dari saya untuk TVRI, mohon klo ada lagi acara seperti ini dikemudian hari mohon waktunya diperpanjang karena masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang ingin kami ajukan untuk para nara sumber. Dan untuk bapak-bapak para nara sumber, mohon sosialisasi untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut penanganan flu burung dan simulasi seperti ini diperbanyak. Tidak hanya melalui TVRi dan pemasangan beberapa buah baliho saja. Karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui acara simulasi ini. Juga mohon disiarkan hasil dari simulasi ini agar masyarakat yang terlambat mengetahui tentang adanya simulasi ini dapat mengetahui apa-apa yang harus dilakukan apabila terjadi kasus di daerahnya.

Terima Kasih

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

4 Tanggapan to “Pantai Kuta, Penyu dan Shooting”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

wah tumben saya posting ampe sepanjang ini….😀

ralay bos bukan stikes tp poltekes denpasar.awas nanti menuai kritk cos salah penyebutan nama.hehehe…

Blog walking …mantap sihh. from http://bonoriau.com with LOVE heee

@ erychimaru
maaf maaf….
terima kasih udah diralat bos….:D


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: