Pelepasan Tukik Bareng Artis.

Posted on Juli 10, 2008. Filed under: Aquatic, proFauna, Sekitar kita |

Wah udah lama saya ga update blog ini, karena keasyikan dengan blog saya yang ekads.co.cc. Lama ga update bukan berarti saya sudah melupakan blog ini ataupun sudah meninggalkan blog ini. Kali ini saya akan kembali berbagi pengalaman saya bersama proFauna.

Kemarin kita kembali melepaskan tukik yang baru netas ke laut lepas. Lokasinya sama dengan yang dulu yaitu di pantai Kuta klo pelepasan tukik yang di Klungkung saya belum pernah ikut karena selalu berhalangan setiap ada acara nglepas tukik di Klungkung. Kali ini kita ngelepas sebanyak 47 ekor tukik. Istimewanya pelepasan tukik kali ini dibarengi dengan acara shooting Suami-Suami Takut Istri (yang katanya sih versi layar lebarnya). Di ceritanya ada scene dimana pelepasan penyu dilakukan oleh beberapa artisnya. Klo mau tau lebih jelasnya mungkin anda harus menunggu klo filmnya sudah beredar.

Acara pelepasan kemarin diikuti oleh ratusan peserta. Maklum karena sedang musim liburan sekolah, pantai Kuta ibarat pasar dadakan jadi para wisatawan baik domestik maupun dari manca negara yang sedang menikmati indahnya pantai Kuta ikut beramai-ramai ambil bagian dalam acara ini. Mereka berebut ingin ikut melepas tukik padahal tukik yang dilepas jumlahnya terbatas. Jadi hanya orang-orang yang sudah mendaftar yang dapat melepas tukik secara langsung dan sisanya hanya bisa jadi penonton saja.

Tukik tidak langsung dilepaskan ke laut tapi beberapa meter dari laut. Jadi tukik-tukik ini harus berjuang untuk menuju ke air. Hal ini dimaksudkan agar para tukik dapat melakukan magnetik imprinting lokasi tersebut sehingga mereka akan kembali lagi ke tempat dimana mereka menetas untuk bertelur. Perlu diingat hanya penyu betina yang akan kembali ke daratan untuk bertelur sedangkan penyu jantan hanya akan menunggu di daerah pakan tanpa secara langsung kembali ke daratan.

Kemarin, saya baru tau klo ada sekelompok orang yang menjadikan acara pelepasan penyu sebagai ajang bisnis yaitu dengan menyuruh para peserta yang ingin ikut serta dalam acara pelepasan penyu di tempat lain harus membayar seharga seratus ribu rupiah. Mungkin bagi kita ga mungkin akan mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk ikutan acara pelepasan tukik tapi lain ceritanya kalau turis yang ditawari. Saya jadi geram mendengarnya, ditengah perlunya upaya-upaya untuk melestarikan penyu yang sudah semakin berkurang jumlahnya di dunia masih ada saja orang yang mengambil keuntungan dari hal tersebut.

Kemarin juga tangan-tangan usil yang ingin menangkap tukik yang sudah dilepaskan ke laut tersebut. Untung hal ini diketahui oleh bli Wayan dan Gung Aji satgas pantai Kuta. Katanya tukik tersebut ditangkap lagi ketika dihempaskan ombak dan disembunyikan dibalik baju yang dikenakannya. Mungkin orang itu ingin memeliharanya dirumah atau yang lainnya. Yang jelas tindakan seperti ini sangat membahayakan keberadaan penyu di dunia.

Mengingat perkembangan penyu yang sangat lambat dan hanya 1 dari 1000 ekor tukik yang menetas mampu menjadi dewasa dan kemudian bereproduksi kembali, mari kita bersama-sama ikut menjaga dan melindungi penyu. Jika anda menemukan penyu terdampar atau anda sedang beruntung menemukan penyu yang bertelur di pantai segera hubungi BKSDA terdekat agar kelangsungan hidup penyu dapat terselamatkan.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

5 Tanggapan to “Pelepasan Tukik Bareng Artis.”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

bagus sekali acaranya..pengan ikuuuutt.
ada2 aja yang ga bener. Masak mau dipelihara dirumah..
kacau tuh orang..
yah yang dilepas kemaren peluang idupnya ga ada dunk.
karena ngelepasnya kurang dari 1000
salam

Walaaah, ekads tu elo toh..
hehehehe.. bli, tulisin link rg di ekads dong..
BTW, bicara masalah pelestarian penyu, BERANTAS DAGANG SATE PENYU..
Hehehehe….

wah sangat disayangkan bila acara pelepasan tukik dijadikan oleh beberapa oknum utk berbuat tercela…😦

tukik sama dengan penyu kan ya…

wah…susah juga klo dari 1000 cuman jadi 1,…

wew nice… ridu jarang ke pantai dan juga keknya di jakarta gak ada penyu deh.. hehehe…

btw ngurusin 2 blog yah.. apa gak ribet??


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: