From Kuta Beach Let’s Save the Sea Turtles

Posted on Agustus 24, 2008. Filed under: Aquatic, Curhat, proFauna, Sekitar kita |

Beberapa hari yang lalu (21-08-08) proFauna perwakilan Bali dan beberapa anggota proFauna dari Malang menggelar aksi dan pameran tentang penyu di depan kantor satgas pantai Kuta. Aksi damai ini dengan cara menggelar spanduk yang bertuliskan FREEDOM FOR SEA TURTLES di pantai Kuta dan membagi-bagikan brosur dan stiker tentang penyelamatan penyu.

Jujur aja ini baru pertama kalinya saya ikut aksi proFauna, sebelumnya saya pikir kali ini hanya pameran biasa dan pelepasan tukik aja seperti biasanya. Ternyata capek juga berdiri selama 2 jam sambil megangin spanduk dengan angin yang berhembus cukup kencang dan punggung lumayan panas terbakar matahari. Setelah sekian lama ga pernah berdiri lama sambil berjemur ternyata capek juga ya. Terakhir kali saya berdiri sambil dijemur waktu masa orientasi dulu ato SMA ya? Sudah lupa maklum bandel jadi sering dihukum😀

Oya berikut ini screenshot stand pamerannya

Tujuan dari acara ini adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk turut serta ambil bagian dalam penyelamatan dan perlindungan satwa liar khususnya penyu di pantai Kuta. Karena pantai Kuta selain sebagai daerah tujuan wisata juga sebagai daerah tujuan peneluran penyu. Sejak tahun 2002-2007 terdapat ratusan penyu yang ditemukan bertelur di sekitar pantai Kuta. Dalam rentang waktu tersebut terdapt lebih dari 8000 butir telur penyu yang ditemukan di sekitar pantai Kuta dan 6.000 diantaranya sudah berhasil menetas dan dilepaskan ke laut. Oya sekedar informasi, siapa tau diantara Anda ada yang berkunjung ke pantai Kuta pada bulan Maret- September dapat menyaksikan penyu bertelur atau ikut serta dalam acara pelepasan tukik antara bulan Mei- Oktober.

Oya waktu itu saya ketemu lagi dengan orang Medan yang waktu ini ikut serta dalam menyaksikan detik-detik menegangkan ketika penyu menetas. (maaf saya belum sempat kenalan) tampak bapak tersebut sangat antusias ikut serta dalam acara kali ini. Selain bapak itu tampak wisatawan baik domestic maupun manca negara sangat antusias dalam acara pelepasan tukik sebagai acara penutup pada kegiatan hari itu. Para bule juga berebut ingin foto dengan 3 ekor “penyu” raksasa.

Berikut ini beberapa foto lagi selama acara berlangsung

Tampak para penyu sedang membagi-bagikan brosur dan stiker

Kegiatan ini hanyalah kegiatan kecil yang tidak ada artinya tanpa dukungan dan peran serta dari seluruh masyarakat dalam penyelamatan penyu. Tapi dari kegiatan kecil ini kami berharap dapat menyelamatkan keberadaan penyu yang semakin langka.

Support Us to Save the Sea Turtle because They Won’t Survive Without Our Help

NB: untuk informasi lebih jauh ataupun jika kebetulan anda menemukan penyu bertelur di sekitar pantai Kuta silahkan hubungi Satgas Pantai Kuta (+62 361 762 871) atau bias juga menghubung PROFAUNA BALI OFFICE di PO BOX 3435 Denpasar Bali Indonesia 80034 hotline-nya +62 361 80 858 00

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

6 Tanggapan to “From Kuta Beach Let’s Save the Sea Turtles”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

[…] (memberikan donasi juga boleh). klo ada yang ingin liat screenshot-nya silahkan liat di blog saya balivetman (jangan lupa untuk kasi komen ya) Support Us to Save the Sea Turtle because They Won’t Survive […]

Oke Eka!!!sebarkan terus virus2 untuk Penyelamatan penyu dan satwa liar!!!!
Ayo friend2 nya Eka buktikan kiprahmu peduli pada kelestarian satwa liar, Kami tunggu di ProFauna Indonesia!!!

wuaa… bagusnya topik satu ini🙂

@ panah hujan
makasi ….

Penyu..
Hmm.. Mungkin saya tdk bisa membantu utk melindunginya. Akan tetapi, masih banyak yg lain yg juga masih bisa dilindungi..
Bukan begitu?

It looks like you are a true pro. Did you study about the issue? hrhr


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: