Menjadi Sahabat Bumi Bersama Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3

Posted on Januari 12, 2009. Filed under: Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3, kontes, Sekitar kita | Tag:, |

kompetisi-website-kompas-muda-im32Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3 apaan sih? Trus apa juga hubungannya dengan menjadi sahabat bumi? Eits, sabar dunk…begini nie ceritanya… Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3 adalah sebuah kompetisi web atau blog yang diadakan oleh www.mudaers.com dengan tema ”Jadilah Sahabat Bumi”.
menurut saya, ini merupakan ajang yang sangat tepat bagi kita selaku remaja untuk menunjukkan eksistensi kita. Selain dalam bentuk tulisan juga dalam bentuk tindakan nyata kita sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan. Hmmm….menjadi sahabat bumi itu gimana sih?
Menurut saya, menjadi sahabat bumi itu tidaklah sulit. Bumi tempat tinggal kita ini sama dengan lingkungan yang selalu menemani kita dari semenjak kita lahir sampai sekarang, sudah sepantasnya kita jadikan sahabat. Bumi ini tidak boleh kita ”kuasai” sendiri, kita sering lupa bahwa selain kita masih ada tanaman dan hewan yang juga menggantungkan hidupnya pada bumi.
Kehidupan manusia, satwa, tumbuhan dan lingkungan (bumi) tidak bisa lepas begitu saja. Semuanya saling terkait satu sama lain. Manusia menyandarkan kehidupannya pada alam, manusia mengambil dan mengolah hasil alam untuk mempertahankan dan meningkatkan derajat hidupnya, tetapi sudahkan manusia memberikan kotribusi balik kepada alam?
Ternyata, tindakan eksploitasi alam dan lingkungan oleh manusia tidak diimbangi dengan upaya pelestarian alam. Dan dampaknya satwa yang juga menggantungkan hidupnya pada alam juga merasakan akibatnya. Ketika hutan dibabat dijadikan perkebunan atau pemukiman penduduk maka satwapun akan kehilangan rumah tempat tinggalnya dan juga sumber makanannya.
Ketika hutan telah gundul, satwa-satwa menjerit dan alampun mulai menunjukkan kuasanya. Dan ketika alam mulai murka tidak hanya satwa, manusiapun terkena dampaknya. Banjir dan tanah longsorpun menghantui disaat musim hujan seperti sekarang ini. Dan ketika musim panas tiba maka sungai-sungaipun surut karena tidak ada lagi hutan sebagai penampung air.
Sebelum alam terlanjur murka, mari kita melakukan sesuatu untuk alam sebagai timbal balik terhadap semua yang sudah kita peroleh dari alam. Misalnya, dengan melakukan penanaman pohon ataupun reboisasi hutan yang sudah gundul tentu akan memberikan banyak manfaat bagi generasi mendatang.
Selain itu, hal sehari yang paling sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya juga dapat menyelamatkan lingkungan dari kerusakan dan satwa dari kepunahan. Sebagai contohnya saja jika kita membuang sampah plastik sembarangan, sampah plastik akan menyebabkan polusi tanah karena tidak dapat diurai oleh mikroorganisme, jika hanyut ke sungai dan mengumpul maka dapat menyebabkan banjir, jika sampah plastik sampai ke laut dan sampai termakan oleh penyu maka dapat menyumbat saluran pencernaan penyu yang dapat menyebabkan kematian.
Selama ini ga kebayang khan jika sebuah sampah plastik bisa menimbulkan kerugian yang begitu besar. Menjadi sahabat bumi tidaklah sulit, hal sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan dan merawat pohon juga udah menunjukkan kepedulian kita pada lingkungan. Dan hal-hal sederhana ini sudah selayaknya kita  pupuk sedini mungkin.
Jadi siapa bilang jadi sahabat bumi itu susah? Yuk jadi sahabat bumi sambil ikutan Kompetisi Website Kompas MuDA-IM3

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

10 Tanggapan to “Menjadi Sahabat Bumi Bersama Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3”

RSS Feed for Balivetman’s Weblog – Sebuah Goresan Veteriner Comments RSS Feed

[…] 16, 2009. Filed under: Curhat, kontes | Tags: Kompetisi, Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3 | Kompetisi Website Kompas MuDa IM3 kayaknya sudah semakin panas aja disaat memasuki hari-hari terakhir pendaftaran. Semakin bervariasi […]

[…] under: Curhat, Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3 | Tags: Kompetisi Website Kompas MuDA – IM3 | Kompetisi website Kompas MuDA Im3 udah hampir ditutup untuk pendaftarannya. Dan blog saya ini sudah diterima di derektory blog milik […]

salut bos langsung page 1.Mantaps…

permisi bos, numpang tenar😀

bos awak maw jadi sahabat si bolang gimana carana???
-tepu-

Komunitas ” Mangga Dua Blogger ” Juara 1 dalam ajang Kompetisi Website Kompas Muda – IM3

duch kyny itu foto mesti disingkirin dech
alna itu foto yg bwt ntr klh lho
wkwk..

wah… banyak ne… huhuhuh… Good luck all..


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: